Perencanaan dan Perekrutan Tenaga Kerja untuk Wirausaha

Berbicara mengenai wirausaha, hal ini sangat berhubungan erat dengan sumber daya manusia. Sumber daya manusia tersebut merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam membangun sebuah wirausaha serta mendukung dalam perkembangan wirausaha tersebut. Sebelum membahas lebih jauh mengenai perekrutan SDM, ada baiknya kita mengetahui dulu pengertian dari manajemen sumber daya manusia.

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan proses serta upaya untuk merekrut, mengembangkan, memotivasi, serta mengevaluasi keseluruhan sumber daya manusia yang diperlukan perusahaan dalam pencapaian tujuannya.

Sumber daya manusia atau sebut saja dengan tenaga kerja, memiliki beberapa Job Description atau uraian pekerjaan masing-masing. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai perencanaan dan perekrutan tenaga kerja dalam usaha yang akan kita bangun.

  1. Proses Manajemen Sumber Daya Manusia

Proses Manajemen Sumber Daya Manusia terbagi atas 5 bagian, yang memiliki tugas masing-masing.  5 bagian tersebut adalah :

  • Human Resource Planning, merencanakan kebutuhan dan pemanfaatan SDM bagi perusahaan
  • Personnel Procurement, Mencari dan Mendapatkan Sumber Daya Manusia, termasuk didalamnya rekrutmen, seleksi dan penempatan serta kontrak tenaga kerja.
  • Personnel Development, Mengembangkan Sumber Daya Manusia, termasuk didalamnya program orientasi tenaga kerja, pendidikan dan pelatihan.
  • Personnel Maintenance, Memelihara Sumber Daya Manusia, termasuk di dalamnya pemberian insentif, jaminan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, pemberian penghargaan dan lain sebagainya.
  • Personnel Utilization, Memanfaatkan dan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia, termasuk didalamnya promosi, demosi, transfer dan juga separasi.
  1. Perencanaan Sumber Daya Manusia

Perencanaan sumber daya manusia adalah perencanaan strategis untuk mendapatkan dan memelihara

kualifikasi sumber daya manusia yang diperlukan bagi organisasi perusahaan dalam mencapai tujuan

perusahaan.

  3. Langkah-langkah Perancangan SDM
       Agar sebuah perusahaan memiliki perancangan SDM yang baik dan sesuai dengan yang diharapkan,
maka dibutuhkan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam
perancangan adalah sebagai berikut :
1. Langkah pertama : Representasi dan Refleksi dari Rencana Strategis Perusahaan.
2. Langkah Kedua :Analisa dari Kualifikasi Tugas yang akan diemban oleh Tenaga Kerja
3. Langkah Ketiga : Analisa Ketersediaan Tenaga Kerja
4. Langkah Keempat : Melakukan Tindakan Inisiatif
5. Langkah Kelima :  Evaluasi dan Modifikasi Tindakan

4. Penyediaan Tenaga Kerja
Penyediaan tenaga kerja terbagi atas dua bagian, yaitu 

  1. Rekrutmen, adalah upaya perusahaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang diperlukan sesuai dengan kualifikasi yang telah ditetapkan dalam perencanaan tenaga kerja. Rekrutmen sendiri terbagi atas dua bagian, yaitu :
  • Rekrutmen Internal, proses untuk mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang dibutuhkan dengan mempertimbangkan tenaga kerja yang sudah ada atau yang sudah dimiliki oleh perusahaan
  • Rekrutmen Eksternal, perusahaan mendapatkan tenaga kerja atau SDM yang akan ditempatkan pada suatu jabatan tertentu dengan memperolehnya dari luar perusahaan, atau seringkali dinamakan sebagai outsourcing       Pada penyeleksian tenaga kerja, ada tiga tahapan yang perlu diperhatikan setiap perusahaan ataupun wirausaha yang ingin memperkerjakan tenaga baru sehingga kriteria yang diinginkan terpenuhi. Tiga tahapan tersebut adalah :
  1. seleksi administrasi, dimana pada tahap ini perusahaan akan menyeleksi dari CV, apakah pelamar memenuhi syarat dari segi pendidikan, jurusan, jenjang, jenis kelamin, dan batas usia yang dicari oleh perusahaan atau wirausaha.
  2. seleksi kualifikasi, merupakan penyeleksian yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan tes pengetahuan umum ataupun psikologi pada pelamar
  3. seleksi sikap dan perilaku, merupakan penyeleksian yang terakhir dimana pada tahap ini hanya interview atau wawancara kepada pelamar yang sudah lulus untuk tahap 1 dan 2. Biasanya seleksi ini dilakukan langsung oleh bagian HRD perusahaan tersebut. Melalui seleksi ini, HRD dapat menilai langsung sikap dan perilaku calon pegawai dari setiap jawaban yang mereka berikan.
  1. Pengembangan Sumber Daya Manusia
    Pengembangan Sumber daya manusia dapat dibutuhkan untuk setiap pegawai dalam sebuah perusahaan ataupun sebuah wirausaha baik pada pegawai yang baru bergabung maupun yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut. Pengembangan sumber daya manusia terbagi atas dua bagian, pengembangan didalam praktek kerja dan pengembangan di luar praktek kerja. Untuk pengembangan di dalam praktek kerja yang perlu dilakukan adalah pelatihan, perencanaan progres, rotasi pekerjaan, tugas sementara, dan penilaian kinerja program. Sedangkan untuk pengembangan di luar praktek kerja, dilakukan eksekutif Program Pembangunan, laboratorium Pelatihan serta Pengembangan organisasi.

    6. Pemeliharaan Tenaga Kerja

  • Kompensasi, penghargaan yang diberikan perusahaan sebagai balasan atas prestasi kerja yang diberikan oleh tenaga kerja
  • Benefit, penghargaan selain kompensasi yang diprogramkan bagi tenaga kerja dengan tujuan agar kebutuhan tenaga kerja tetap dapat terpelihara sehingga tenaga kerja dapat tetap memberikan kinerja yang terbaik bagi perusahaan.
  1. Pemanfaatan Tenaga Kerja
  •  Promosi, proses pemindahan tenaga kerja ke posisi yang lebih tinggi secara struktural dalam organisasi perusahaan
  • Demosi, penurunan tenaga kerja kepada bagian kerja yang lebih rendah yang biasanya disebabkan karena adanya penurunan kualitas tenaga kerja dalam pekerjaannya
  • Transfer, memindahkan tenaga kerja ke bagian yang lain, yang diharapkan tenaga kerja tersebut dapat lebih produkti setelah mengalami proses transfer
  • Separasi, melakukan pemindahan lingkungan kerja tertentu dari tenaga kerja ke lingkungan yang lain

Sumber:

http://nuphnuph-201189.blogspot.co.id/2011/11/sumber-daya-manusia-perencanaan-dan.html

http://mohammadmahareza.blogspot.co.id/2014/10/sumber-daya-alam-perencanaan-dan.html

Leave a comment